Mata Pelajaran Sekolah Kamu

PROPOSAL USAHA ROTI SELAI





A.URAIAN USAHA
  1. Latar belakang
Pastinya semua orang yang ada di dunia menginginkan kehidupan yang layak dan tidak ingin diperintah oleh orang lain. Maka satu-satunya cara agar tidak menjadi bawahan tentu saja pasti hanya menjadi bos lah kita akan mencapai tujuan itu. Kebanyakan orang di Indonesia berfikirnya sempit, mereka tidak mau keluar dari zona nyaman untuk membangun mimpi dan usahanya untuk menjadi pengusaha. Mereka masih berfikir bahwa menjadi engusaha itu adalah pekerjaan yang kurang bergengsi dibandingkan dengan pekerjaan lainnya seperti dokter, dosen, dan pekerjaan lainnya. Akhir-akhir ini para anak muda cara berfikirnya sudah mulai terbuka, sejak banyak seminar-seminar dan pelatihan-pelatihan tentang kewrausahaan. Mereka pun mulai banyak yang semangat untuk menjadi pengusaha. Banyak sekali peluang-peluang usaha yang bisa kita lakukan.diantaranya usaha makanan ringan, makanan ringan sendiripun banyak diminati oleh banyak kalangan.
  1. prospek usaha
prospek usaha kita ialah, kita menginginkan usaha kita mendapatkan keuntungan yang memuaskan dan kita juga ingin usaha makanan ringan ini banyak disukai oleh siswi-siswi SMK dan juga guru-guru.
  1. hambatan yang dihadapi
hambatan yang dihadapi dalam menjual makanan ringan yaitu :
  1. salah perhitungan biaya operasional diawal
  2. mudah menyerah
  3. ikut-ikutan dan akhirnya tidak fokus
  4. sulit untuk mendapatkan modal
  5. terlalu banyak pesaing
  1. pemecahan masalah usaha
  • Kenali persoalanya secara umum
  • Identifikasi masalah-masalah utama yang terkait
  • Tentukan fakta-fakta dan data-data penting yang berkaitan dengan masalah
  • Carilah sebab-sebab masalah tersebut
  • Pertimbangkanlah sebagai kemungkinan jalan keluar dari masalah tersebut
  • Pilihlah jalan keluar yang dapat dilaksanakan
  • Periksalah,apakah penyelesaian masalah tersebut sudah tepat
  • Maka lakukanlah keputusan tersebut


B.PRODUK
1. Bentuk Produk
Bentuk produk kami adalah barang yang berupa makanan. Yang terdiri atas jelly dan roti tawar diberi bermacam-macam selai yang berwarna-warna serta berbagai rasa.
Roti tawar jelly/goder


2. Jenis Produk
Jenis produk kami adalah makanan ringan yang bisa dimakan sewaktu-waktu.
3. Kegunaan Produk
Kegunaan dari produk kami antara lain, sebagai berikut :
  1. Jelly : Baik untuk kulit, menjga berat badan, meningkatkan kekebalan tubuh, memelihara kesehatan rambut dan mengeurangi kolesterol.
  2. Roti Tawar : sebgai penambah energi, mengandung serat, baik untuk tulang, dan mencukupi vitamin dalam tubuh.
C . LOKASI
Secara umum,ada dua hal yang harus diperhatikan dalam menentukan lokasi usaha,yaitu pertalian ke belakang (backward linkage)yaitu perolehan bahan baku dan pertalian ke depan (forward linkage)yaitu penjualan,distribusi dan pemasaran produk.Hal-hal yang memengaruhi penentuan lokasi adalah :
1.kedekatan dengan sumber bahan baku produksi,seperti bahan bakar,air,dan lainnya
2.kedekatan dengan pasar / konsumen
3.ketersediaan kemudahan untuk mendapatkan tenaga kerja
4.kemudahan fasilitas pengangkutan dan transportasi
5.sikap / peraturan pemerintah serta masyarakat sekitar
D. PASAR DAN SEGMEN PASAR
pasar merupakan tempat orang melakukan transaksi jual beli. Jika dilihat dari sudut pandang ekonomi, pasar merupakan tempat berinteraksinya produsen dan konsumen.
  1. Segmen pasar bagi pemasaran produk
Kami sebagai wirausaha akan membuka bisnis dibidang makanan oleh karena itu, kami menetapkan segmen pasar adalah para siswi dan guru SMK Al Irsyad Surabaya.
  1. Jenis pasar yang dimasuki
Jenis pasar yang kita masuki untuk penjualan jely dan roti tawar adalah kawasan sekolah SMK yang menjadi pelanggan kita adalah siswi-siswi dan guru-guru.
  1. Posisi perusahaan dalam pasar
Posisi produk yang kami jual di SMK sangat tepat bagi konsumen atau para siswi SMK karena dapat bermanfaat pada waktu istirahat.


E. PERSAINGAN
  1. Jumlah pesaing yang kita hadapi sangatlah banyak terdiri atas berbagai macam yang berjualan di SMK oleh karena itu tidak semua konsumen membeli produk kami
  2. Strategi pemasaran dalam menghadapi pesaing
  • Menganalisis pesaing
  • Mengenali pesaing
  • Mengenali strategi pesaing
  • Menetapkan tujuan pesaing
  • Menilai kekuatan dan kelemahan pesaing
  • Menyeleksi pesaing


F. LAPORAN KEUANGAN
a. Neraca
langkah penyusunan:
  • Tetapkan saldo awal
  • Jumlahkanlah saldo cash
  • Bandingkan perhitungan modal dengan hasil penjualan
b.Laporan laba rugi
Harga jelly/yoder
  1. Nutri jell 12 sachet/1 box = 27.000
  2. Gula 2kg = 12.000
  3. Wadah 100buah = 10. 000
  4. Susu kental manis (1 kaleng) = 9.500
  5. Sendok 50buah = 5.000 +

Rp. 63.500 X
Harga roti
  1. Roti tawar ada kulitnya = 7.000
  2. Selai ¼ kg =4.000
  3. Coklat B = 3.000
  4. Kertas minyak =1.000
  5. Selai kuning = 4.000 +
                          Rp. 19.000

,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar