A.URAIAN
USAHA
- Latar belakang
Pastinya
semua orang yang ada di dunia menginginkan kehidupan yang layak dan
tidak ingin diperintah oleh orang lain. Maka satu-satunya cara agar
tidak menjadi bawahan tentu saja pasti hanya menjadi bos lah kita
akan mencapai tujuan itu. Kebanyakan orang di Indonesia berfikirnya
sempit, mereka tidak mau keluar dari zona nyaman untuk membangun
mimpi dan usahanya untuk menjadi pengusaha. Mereka masih berfikir
bahwa menjadi engusaha itu adalah pekerjaan yang kurang bergengsi
dibandingkan dengan pekerjaan lainnya seperti dokter, dosen, dan
pekerjaan lainnya. Akhir-akhir ini para anak muda cara berfikirnya
sudah mulai terbuka, sejak banyak seminar-seminar dan
pelatihan-pelatihan tentang kewrausahaan. Mereka pun mulai banyak
yang semangat untuk menjadi pengusaha. Banyak sekali peluang-peluang
usaha yang bisa kita lakukan.diantaranya usaha makanan ringan,
makanan ringan sendiripun banyak diminati oleh banyak kalangan.
- prospek usaha
prospek
usaha kita ialah, kita menginginkan usaha kita mendapatkan keuntungan
yang memuaskan dan kita juga ingin usaha makanan ringan ini banyak
disukai oleh siswi-siswi SMK dan juga guru-guru.
- hambatan yang dihadapi
hambatan
yang dihadapi dalam menjual makanan ringan yaitu :
- salah perhitungan biaya operasional diawal
- mudah menyerah
- ikut-ikutan dan akhirnya tidak fokus
- sulit untuk mendapatkan modal
- terlalu banyak pesaing
- pemecahan masalah usaha
- Kenali persoalanya secara umum
- Identifikasi masalah-masalah utama yang terkait
- Tentukan fakta-fakta dan data-data penting yang berkaitan dengan masalah
- Carilah sebab-sebab masalah tersebut
- Pertimbangkanlah sebagai kemungkinan jalan keluar dari masalah tersebut
- Pilihlah jalan keluar yang dapat dilaksanakan
- Periksalah,apakah penyelesaian masalah tersebut sudah tepat
- Maka lakukanlah keputusan tersebut
B.PRODUK
1.
Bentuk Produk
Bentuk
produk kami adalah barang yang berupa makanan. Yang terdiri atas
jelly dan roti tawar diberi bermacam-macam selai yang berwarna-warna
serta berbagai rasa.
Roti
tawar jelly/goder
2.
Jenis Produk
Jenis
produk kami adalah makanan ringan yang bisa dimakan sewaktu-waktu.
3.
Kegunaan Produk
Kegunaan
dari produk kami antara lain, sebagai berikut :
- Jelly : Baik untuk kulit, menjga berat badan, meningkatkan kekebalan tubuh, memelihara kesehatan rambut dan mengeurangi kolesterol.
- Roti Tawar : sebgai penambah energi, mengandung serat, baik untuk tulang, dan mencukupi vitamin dalam tubuh.
C
. LOKASI
Secara
umum,ada dua hal yang harus diperhatikan dalam menentukan lokasi
usaha,yaitu pertalian ke belakang (backward linkage)yaitu perolehan
bahan baku dan pertalian ke depan (forward linkage)yaitu
penjualan,distribusi dan pemasaran produk.Hal-hal yang memengaruhi
penentuan lokasi adalah :
1.kedekatan
dengan sumber bahan baku produksi,seperti bahan bakar,air,dan lainnya
2.kedekatan
dengan pasar / konsumen
3.ketersediaan
kemudahan untuk mendapatkan tenaga kerja
4.kemudahan
fasilitas pengangkutan dan transportasi
5.sikap
/ peraturan pemerintah serta masyarakat sekitar
D.
PASAR DAN SEGMEN PASAR
pasar
merupakan tempat orang melakukan transaksi jual beli. Jika dilihat
dari sudut pandang ekonomi, pasar merupakan tempat berinteraksinya
produsen dan konsumen.
- Segmen pasar bagi pemasaran produk
Kami
sebagai wirausaha akan membuka bisnis dibidang makanan oleh karena
itu, kami menetapkan segmen pasar adalah para siswi dan guru SMK Al
Irsyad Surabaya.
- Jenis pasar yang dimasuki
Jenis
pasar yang kita masuki untuk penjualan jely dan roti tawar adalah
kawasan sekolah SMK yang menjadi pelanggan kita adalah siswi-siswi
dan guru-guru.
- Posisi perusahaan dalam pasar
Posisi
produk yang kami jual di SMK sangat tepat bagi konsumen atau para
siswi SMK karena dapat bermanfaat pada waktu istirahat.
E.
PERSAINGAN
- Jumlah pesaing yang kita hadapi sangatlah banyak terdiri atas berbagai macam yang berjualan di SMK oleh karena itu tidak semua konsumen membeli produk kami
- Strategi pemasaran dalam menghadapi pesaing
- Menganalisis pesaing
- Mengenali pesaing
- Mengenali strategi pesaing
- Menetapkan tujuan pesaing
- Menilai kekuatan dan kelemahan pesaing
- Menyeleksi pesaing
F.
LAPORAN KEUANGAN
a.
Neraca
langkah
penyusunan:
- Tetapkan saldo awal
- Jumlahkanlah saldo cash
- Bandingkan perhitungan modal dengan hasil penjualan
b.Laporan
laba rugi
Harga
jelly/yoder
- Nutri jell 12 sachet/1 box = 27.000
- Gula 2kg = 12.000
- Wadah 100buah = 10. 000
- Susu kental manis (1 kaleng) = 9.500
- Sendok 50buah = 5.000 +
Rp. 63.500
X
Harga
roti
- Roti tawar ada kulitnya = 7.000
- Selai ¼ kg =4.000
- Coklat B = 3.000
- Kertas minyak =1.000
- Selai kuning = 4.000 +
Tidak ada komentar:
Posting Komentar