Mata Pelajaran Sekolah Kamu

MAKALAH OPERASI JARINGAN KOMPUTER ,TOPOLOGI,WEB DAN INTERNET


KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala Rahmat dan Hidayah-nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas Makalah ini dengan baik dan lancar. Dengan adanya tugas Makalah ini, penulis dapat menambah wawasan dan pengalaman, serta dapat mempraktekkan ilmu yang telah didapat di Sekolah. Laporan ini merupakan persyaratan mengikuti ujian praktek. Penulis mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya kepada teman-teman yang telah membantu dan memberi dukungan kepada penulis dalam penyelesaian Makalah ini.
Penulis menyadari bahwa tugas ini jauh dari sempurna. Terkait dengan kelebihan dan kekurangan dari tugas ini, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk perbaikan. Penulis berharap Makalah ini akan memberi manfaat bagi pembaca dan pengalaman bagi penulis.

Penulis





DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR .................................................................................... 1
DAFTAR ISI ................................................................................................. 2
BAB 1 PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ........................................................................................ 3
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian jaringan komputer ................................................................ 4
B. Macam –macam topologi jaringan komputer .......................................... 5
C. Jenis – jenis jaringan ............................................................................... 7
D. Mengoperasikan web browser.................................................................. 8
E. Kecepatan akses internet .........................................................................10
F. Mengoperasikan e-mail client .................................................................11
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan ......................................................................................... 14
B. Kritik dan saran ..................................................................................... 14


















BAB I
PENDAHULUAN


  1. LATAR BELAKANG
Tiga abad sebelum sekarang, masing-masing ditandai dengan dominasi yang berbeda. Abad ke-18 didominasi oleh perkembangan sistem mekanik yang mengiringi revolusi industri. Abad ke-19 merupakan jaman mesin uap. Abad ke-20, teknologi radio, tv dan komputer memegang peranan untuk pengumpulan, pengolahan dan media distribusi informasi. Abad ke-21 saat ini atau era-informasi, dimana teknologi jaringan komputer global yang mampu menjangkau seluruh wilayah dunia, pengembangan sistem dan teknologi yang digunakan, penyebaran informasi melalui media internet, peluncuran satelit-satelit komunikasi dan perangkat komunikasi wireless/selular menandai awal abad millenium.


Sejak me-masyarakat-nya internet dan dipasarkannya sistem operasi Windows95 oleh Microsoft Inc., menghubungkan beberapa komputer baik komputer pribadi (PC) maupun server dengan sebuah jaringan dari jenis LAN (Local Area Network) sampai WAN (Wide Area Network) menjadi sebuah hal yang mudah dan biasa. Demikian pula dengan konsep “downsizing” maupun “lightsizing” yang bertujuan menekan anggaran belanja (efisiensi anggaran) khususnya peralatan komputer, maka kebutuhan akan sebuah jaringan komputer merupakan satu hal yang tidak bisa terelakkan.




















BAB II
PEMBAHASAN


A. Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah ”interkoneksi” antara 2 komputer autonomous atau lebih, yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless).
Didalam jaringan komputer dikenal sistem koneksi antar node (komputer), yakni:
1. Peer to peer
Peer artinya rekan sekerja. Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer, terhubung langsung dengan kabel crossover atau wireless atau juga dengan perantara hub/switch.
Komputer pada jaringan peer to peer ini biasanya berjumlah sedikit dengan 1-2 printer. Untuk penggunaan khusus, seperti laboratorium komputer, riset dan beberapa hal lain, maka model peer to peer ini bisa saja dikembangkan untuk koneksi lebih dari 10 hingga 100 komputer.
Peer to peer adalah suatu model dimana tiap PC dapat memakai resource pada PC lain atau memberikan resourcenya untuk dipakai PC lain, Tidak ada yang bertindak sebagai server yang mengatur sistem komunikasi dan penggunaan resource komputer yang terdapat dijaringan, dengan kata lain setiap komputer dapat berfungsi sebagai client maupun server pada periode yang sama.
a. Kelebihan jaringan peer to peer
  • Implementasinya murah dan mudah
  • Tidak memerlukan software administrasi jaringan yang khusus
  • Tidak memerlukan administrator jaringan
b. Kekurangan jaringan peer to peer
  • Jaringan tidak bisa terlalu besar (tidak bisa memperbesar jaringan)
  • Tingkat keamanan rendah
  • Tidak ada yang memanajemen jaringan
Pengguna komputer jaringan harus terlatih mengamankan komputer masing-masing
Semakin banyak mesin yang disharing, akan mempengaruhi kinerja komputer
2. Client – Server
Client Server merupakan model jaringan yang menggunakan satu atau beberapa komputer sebagai server yang memberikan resource-nya kepada komputer lain (client) dalam jaringan, server akan mengatur mekanisme akses resource yang boleh digunakan, serta mekanisme komunikasi antar node dalam jaringan.
Selain pada jaringan lokal, sistem ini bisa juga diterapkan dengan teknologi internet. Dimana ada suatu unit komputer) berfungsi sebagai server yang hanya memberikan pelayanan bagi komputer lain, dan client yang juga hanya meminta layanan dari server. Akses dilakukan secara transparan dari client dengan melakukan login terlebih dulu ke server yang dituju.
Client hanya bisa menggunakan resource yang disediakan server sesuai dengan otoritas yang diberikan oleh administrator. Aplikasi yang dijalankan pada sisi client, bisa saja merupakan resource yang tersedia di server. namun hanya bisa dijalankan setelah terkoneksi ke server. Pada implementasi software splikasi yang di-install disisi client berbeda dengan yang digunakan di server.
a. Kelebihan jaringan client server
  • Mendukung keamanan jaringan yang lebih baik
  • Kemudahan administrasi ketika jaringan bertambah besar
  • Manajemen jaringan terpusat
  • Semua data bisa disimpan dan di backup terpusat di satu lokasi


b. Kekurangan jaringan client server
  • Butuh administrator jaringan yang professional
  • Butuh perangkat bagus untuk digunakan sebagai komputer server
  • Butuh software tool operasional untuk mempermudah manajemen jaringan
  • Anggaran untuk manajemen jaringan menjadi besar
  • Bila server down, semua data dan resource diserver tidak bisa diakses


B. Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer
1. Topologi Ring
Pada topologi ring setiap komputer di hubungkan dengan komputer lain dan seterusnya sampai kembali lagi ke komputer pertama, dan membentuk lingkaran sehingga disebut ring, topologi ini berkomunikasi menggunakan data token untuk mengontrol hak akses komputer untuk menerima data, misalnya komputer 1 akan mengirim file ke komputer 4, maka data akan melewati komputer 2 dan 3 sampai di terima oleh komputer 4, jadi sebuah komputer akan melanjutkan pengiriman data jika yang dituju bukan IP Address dia.
Kelebihan dari topologi jaringan komputer ring adalah pada kemudahan dalam proses pemasangan dan instalasi, penggunaan jumlah kabel lan yang sedikit sehingga akan menghemat biaya.
Kekurangan paling fatal dari topologi ini adalah, jika salah satu komputer ataupun kabel nya bermasalah, maka pengiriman data akan terganggu bahkan error.
2. Topologi Bus
Topologi jaringan komputer bus tersusun rapi seperti antrian dan menggunakan cuma satu kabel coaxial dan setiap komputer terhubung ke kabel menggunakan konektor BNC, dan kedua ujung dari kabel coaxial harus diakhiri oleh terminator.
Kelebihan dari bus hampir sama dengan ring, yaitu kabel yang digunakan tidak banyak dan menghemat biaya pemasangan.
Kekurangan topologi bus adalah jika terjadi gangguan atau masalah pada satu komputer bisa menggangu jaringan di komputer lain, dan untuk topologi ini sangat sulit mendeteksi gangguan, sering terjadinya antrian data, dan jika jaraknya terlalu jauh harus menggunakan repeater.
3. Topologi Star
Topologi ini membentuk seperti bintang karena semua komputer di hubungkan ke sebuah hub atau switch dengan kabel UTP, sehingga hub/switch lah pusat dari jaringan dan bertugas untuk mengontrol lalu lintas data, jadi jika komputer 1 ingin mengirim data ke komputer 4, data akan dikirim ke switch dan langsung di kirimkan ke komputer tujuan tanpa melewati komputer lain. Topologi jaringan komputer inilah yang paling banyak digunakan sekarang karena kelebihannya lebih banyak.
Kelebihan topologi ini adalah sangat mudah mendeteksi komputer mana yang mengalami gangguan, mudah untuk melakukan penambahan atau pengurangan komputer tanpa mengganggu yang lain, serta tingkat keamanan sebuah data lebih tinggi, .
Kekurangannya topologi jaringan komputer ini adalah, memerlukan biaya yang tinggi untuk pemasangan, karena membutuhkan kabel yang banyak serta switch/hub, dan kestabilan jaringan sangat tergantung pada terminal pusat, sehingga jika switch/hub mengalami gangguan, maka seluruh jaringan akan terganggu.








4. Topologi Mesh
Pada topologi ini setiap komputer akan terhubung dengan komputer lain dalam jaringannya menggunakan kabel tunggal, jadi proses pengiriman data akan langsung mencapai komputer tujuan tanpa melalui komputer lain ataupun switch atau hub.
Kelebihanya adalah proses pengiriman lebih cepat dan tanpa melalui komputer lain, jika salah satu komputer mengalami kerusakan tidak akan menggangu komputer lain.
Kekurangan dari topologi ini sudah jelas, akan memakan sangat banyak biaya karena membutuhkan jumlah kabel yang sangat banyak dan setiap komputer harus memiliki Port I/O yang banyak juga, selain itu proses instalasi sangat rumit.
5. Topologi Tree
Topologi jaringan komputer Tree merupakan gabungan dari beberapa topologi star yang dihubungan dengan topologi bus, jadi setiap topologi star akan terhubung ke topologi star lainnya menggunakan topologi bus, biasanya dalam topologi ini terdapat beberapa tingkatan jaringan, dan jaringan yang berada pada tingkat yang lebih tinggi dapat mengontrol jaringan yang berada pada tingkat yang lebih rendah.
Kelebihan topologi tree adalah mudah menemukan suatu kesalahan dan juga mudah melakukan perubahan jaringan jika diperlukan.
Kekurangan nya yaitu menggunakan banyak kabel, sering terjadi tabrakan dan lambat, jika terjadi kesalahan pada jaringan tingkat tinggi, maka jaringan tingkat rendah akan terganggu juga.


C. Jenis-Jenis jaringan
Secara umum jaringan komputer terbagi menjadi 3 jenis jaringan yaitu :
1. Local Area Network (LAN)
Sebuah LAN, adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan, seperti sebuah kantor pada sebuah gedung, atau tiap-tiap ruangan pada sebuah sekolah. Biasanya jarak antar node tidak lebih jauh dari sekitar 200 m.
2 Metropolitan Area Network (MAN)
Sebuah MAN, biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar gedung dalam suatu daerah (wilayah seperti propinsi atau negara bagian). Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu: jaringan beberapa kantor cabang sebuah bank didalam sebuah kota besar yang dihubungkan antara satu dengan lainnya.
3. Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang biasanya sudah menggunakan media wireless, sarana satelit ataupun kabel serat optic, karena jangkauannya yang lebih luas, bukan hanya meliputi satu kota atau antar kota dalam suatu wilayah, tetapi mulai menjangkau area/wilayah otoritas negara lain.
Sebagai contoh jaringan komputer kantor City Bank yang ada di Indonesia ataupun yang ada di negara lain, yang saling berhubungan, jaringan ATM Master Card, Visa Card atau Cirrus yang tersebar diseluruh dunia dan lain-lain.
Biasanya WAN lebih rumit dan sangat kompleks bila dibandingkan LAN maupun MAN. Menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN kedalam komunikasi global seperti internet, meski demikian antara LAN, MAN dan WAN tidak banyak berbeda dalam beberapa hal, hanya lingkup areanya saja yang berbeda satu diantara yang lainnya.
Nilai-nilai yang terdapat pada tabel diatas, bukan merupakan nilai mutlak bagi jarak yang menghubungkan antar komputer, karena jarak tersebut bisa saja lebih pendek tergantung kondisi area suatu wilayah.
D. Cara Mengoperasikan Web Browser
  • Menjalankan Web Browser
Untuk menjalankan web browser seperti Internet Explorer ada beberapa prosedur atau langkah berikut :
1. Bukalah program browser Internet Explorer dengan cara mengklik menu Start, pilih All program, kemudian klik Internet explorer, atau double klik, sehingga tampil jendela Internet Explorer.
Jika kita baru pertama kali menjalankan Internet Explorer maka program ini secara otomatis akan langsung mengakses ke homegape Microsoft
2. Kemudian lakukanlah perintah selanjutnya seperti mengetik alam web pada Address Bar
3. Tekanlah Enter pada keyboarad atau langsung klik tombol Go yang terdapat di sebelah address bar.
4. Tunggulah beberapa saat hingga keseluruhan tampilan selesai dan tertulis “Done” pada status bar
5. Jalankan Internet Explorer sesuai dengan fungsi menu yang pernah kita pelajari ketika mengakses internet.
6. Untuk mengakhiri Internet Explorer ada tiga cara yang dapat dilakukan, yaitu:
a. Melalui menu File, caranya : klik menu File pada jendela Internet Explorer, kemudian klik Close.
b. Klik kanan mouse pada blok judul Internet Explorer, kemudian pilih atau klik Close.
c. Klik langsung tanda silang pada balok judul Internet Explorer.
  • Mengakses Web Melalui URL
Untuk memperoleh informasi atau data yang dibutuhkan, kita dapat mengaksesnya melalui URL. Apakah URL itu?
URL (Uniform Resource Locator) adalah sarana untuk menentukan alamat yang akan kita pakai untuk mengakses internet. Jadi, alamat URL merupakan alamat khusus untuk file tertentu yang bias diakses oleh internet. Contoh alamat URL antara lain :http://www.bbc.co.uk/indonesian/surat/020119harry.shtml; http://www.yahoo.co.id, dan sebagainya.
Tapi perlu diketahui, alamat URL tidak hanya mencakup file HTML, namun termasuk juga jenis-jenis file lain yang bisa diakses oleh internet. Misalnya file image bertipa .jpg dan gif. Sebagai contoh, logo ajangkita yang muncul di halaman depan situs tersebut memiliki alamat URL sebagai berikut: http://www.ajangkita.com/images/ajangkita.gif.
Bagaimana format alamat URL yang lengkap? Keseluruhan URL yang lengkap adalah berbentuk seperti ini:
protokol://nama_host/path/nama_file
o Protokol adalah jenis protokol yang akan digunakan, seperti http, ftp, mailto, dan sebagainya.
o Nama-host adalah nama host (domain) yang dipanggil.
o Path adalah lokasi atau direktori tempat file-file diletakkan pada web server.
o Nama_file adalah nama file yang dipanggil.
Sebagai contoh: URL http://www.ajangkita.com/berita/domain_baru.htm memiliki format seperti ini:
o http adalah protokol yang digunakan.
o www.ajangkita.com adalah host name-nya
o berita adalah path atau direktori yang dituju.
o domain_baru.htm adalah nama file yang diakses.
Melalui URL kita dapat memperoleh dan mencari informasi. Ada begitu banyak URL yang menyediakan beragam informasi, antara lain adalah http://www.yahoo.com; http://www.google.com; http://www.catcha.co.id; http://www.Tempointeraktif.com; dan sebagainya. Perlu diketahui pula bahwa hampir semua alamat URL memiliki fasilitas mesin pencari informasi (Search Engine).


E. Kecepatan Akses Internet
  • Pengertian Akses Kecepatan Internet
Kecepatan akses internet sama dengan kecepatan akses transfer data. Dalam bidang telekomunikasi dan komputer, kecepatan transfer data adalah jumlah data dalam bit yang melewati satu media tertentu dalam satu detik. Umumnya ditulis dalam bit perdetik ( bit per scond) dan disimbolkan dengan bit/s atau bps.
Kecepatan sebuah switch dengan teknologi Gigabit adalah 1 Gbps
Apabila kita mempelajari kecepatan transfer data maka kita tidak akan lepas dari istilah-istilah download, upload, downstream, upstream dan usage. Mari kita bahas arti dari istilah-istilah tersebut:
1. Download adalah kegiatan menyalin data/file/aplikasi dari sebuah komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan ke komputer lokal. Untuk melakukan kegiatan download pengguna komputer harus melakukan permintaan terhadap data/file/aplikasi tersebut pada suatu halaman web.
2. Upload adalah kebalikan dari proses download. Jadi upload dapat diartikan sebagai kegiatan menyalin data/file/aplikasi dari komputer lokal ke internet (server).
3. Downstream adalah kecepatan aliran data ketika pelanggan sedang melakukan download dengan kecepatan maksimum sampai dengan 284/512 Kbps.
4. Upstream adalah kecepatan aliran data ketika pelanggan sedang melakukan upload dengan kecepatan maksimum sampai dengan 64 Kbps.
  • Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet
Saat kita mengakses internet kadang terasa cepat dan kadang terasa lambat. Banyak factor yang mempengaruhi kecepatan akses internet tersebut. Koneksi internet menggunakan banyak perangkat dari penyedia layanan yang berbeda. Faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet adalah:


1. Unit Komputer
Komputer sangat berperan dalam kecepatan akses internet karena di dalam komputer ada harddisk, RAM, dan Processor yang berperan penting pada proses kerja komputer tersebut. Bila hardisk yang dipakai berkecepatan rendah maka kecepatan akses internet pun juga rendah, begitu juga bila menggunakan RAM atau Processor yang kecepatannya rendah, ini sangat mempengaruhi kecepatan akses internet.
2. Modem
Modem juga sangat mempengaruhi kecepatan akses internet. Modem mempunyai kecepatan yang berbeda-beda. Modem yang sering digunakan adalah modem yang berkecepatan 56 kbps.
3. Jaringan Komunikasi yang digunakan untuk Akses Internet.
Untuk mengakses internet kita bisa menggnakan layanan line telephone, CDMA, GPRS, dan satelit. Masing-masing layanan tersebut mempunyai kecepatan yang berbeda-beda. Kecepatan yang paling rendah adalah menggunakan line telephone.
4. Besar Bandwidth
Bandwidth adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Bandwidth biasanya diukur dengan satuan Hertz. Semakin besar bandwidth yang disediakan oleh ISP, maka semakin cepat pula akses internetnya.
5. Jumlah pengguna yang mengakses server secara bersamaan
Kecepatan akses internet pada jam-jam tertentu biasanya sangat lambat, ini dikarenakan banyaknya pengguna internet yang mengakses internet secara bersamaan. Pada jam 08.00 – 15.00 WIB biasanya jaringan internet sedang sibuk-sibuknya. Untuk itu bila tidak mendesak lebih baik mengakses internet diluar jam tersebut.


F. MENGOPERASIKAN E-MAIL CLIENT
  • PENGERTIAN E-MAIL
E·mail adalah fasilitas intemet yang digunakan untuk mengirim surat elektronik. Pengiriman surat secara elektronik ini sering disebut dengan Electronic Mail atau yang terkenal dengan istilah e-mail. Setiap orang yang akan berkomunikasi menggunakan Iayanan internet e-mail harus memiliki alamat e-mail sendiri-sendiri, alamat e-mail ini dapat diperoleh secara resmi ketika mendaftarkan diri ke ISP atau didapatkan dengan cara gratis (free e-mail. Aplikasi di intemet untuk mengakses e-mail dapat berupa aplikasi tersendiri seperti Eudora, Intemet mail, Pine, atau menggunakan fasilltas Web mail. Web mail adalah fasilitas untuk mengakses e-mail dengan menggunakan browser. E-mail dapat dikirimkan ke setiap orang satu per satu atau pengiriman secara kelompok. Dalam pengiriman secara kelompok, setiap sekali mengirim maka seluruh anggota dalam kelompok tersebut akan terkirim. Istilah ini sering disebut Mailing List atau milis. Microsoft Office telah melengkapi fasilitas e-mail ini dengan Microsoft Outlook dan Outlook Express. Aplikasi ini dapat kita gunakan untuk mengirim dan menerima e-mail secara Iangsung. Sejumlah perusahaan jasa layanan intemet menyediakan fasilitas e-mail secara terintegrasi maupun terpisah. Yahoo menyediakan fasilltas e-mail secara terintegrasi dengan layanan intemet Iainnya, bahkan Yahoo menyediakan pendaftaran e-mail gratis kepada seluruh pengguna internet di seluruh dunia.


  • MEMBUAT ALAMAT E-MAIL MELALUI SEARCH ENGINE
Bagaimana kita membuat sebuah alamat e-mail?
Untuk dapat mengirim dan menerima e-mall, kita harus melakukan pendaftaran ke salah satu provider yang menyediakanjasa Iayanan tersebut. Langkah-langkah yang kita tempuh yaitu sebagai berikut.


  1. Koneksikan komputer ke internet, kemudian buka browser Internet Explorer. Kunjungilah situs http:// mail.yahoo. co.id/. Kunjungan ini bertujuan untuk mendaftarkan alamat e-mail agar dapat memanfaatkan layanan internet untuk mengirimkan surat elektronik.








Klik Daftar akan muncul seperti dibawah ini.
Maka akan keluar tampilan sebagai berikut dan Isilah form berikut ini :


Ada 3 Pokok Isian yang harus dilengkapi dengan benar yaitu :
1. Ceritakan tentang diri Anda ….
2. Pilih ID dan sandi ….
3. Jika Anda lupa sandi atau ID Anda ….








BAB III
PENUTUP


  • Kesimpulan
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET.
ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses internet. Kita bisa menjelajah ke negara lain (melalui dunia maya tentunya) tanpa harus pergi kesana. Kita juga bisa berkomunikasi, bertransaksi (bisnis) melalui internet. Keberadaan internet mampu mengubah semua itu, karena kita dapat mengakses sumber informasi dengan begitu mudah dan tidak terbatas jumlahnya, dan masih banyak lagi manfaat yang kita dapat jika kita berada di dalam dunia maya ini.
Tags: Adira Asuransi Kendaraan Terbaik Indonesia, Alamat sebuah situs atau dokumen dari sumber lainnya di internet yang terdapat pada web dikenal, Cara Mengecilkan Perut makalah internet, definisi internet, download makalah tentang internet, istilah istilah dalam internet, kata kata mutiara, KESIMPULAN makalah hotspot, keuntungan yang diperoleh dari penggunaan internet yang cepat, makalah internet, makalah pengenalan internet, makalah pengenalan internet dan browsing, makalah tentang internet, pengenalan internet, pengertian internet, perusahaan layanan broadband indonesia, puisi patah hati, sejarah internet


  • Kritik Dan Saran
1. Apabila makalah yang saya buat tidak sesuai yang diharapkan oleh Ibu minta tolong saran dan kritik
2. Apabila ada tugas jangan sampai terlalu rumit artinya yang tidak pernah muridnya dikenal
3. Perbanyaklah praktek karna prakteklah yang membuat murid Ibu mengerti

,