DAMPAK BERMAIN GAME BAGI REMAJA
ISU
|
Pada zaman sekarang ini, kekuatan teknologi tidak bisa
dibendung. Banyak sekali hal-hal baru yang bisa kita jumpai pada zaman yang
maju ini, salah satunya adalah game atau permainan virtual. Pertanyaannya
adalah adakah dampak buruk yang timbul akibat dari permainan game ini?
Sebagian besar masyarakat menganggap bermain game adalah hal yang wajar,
namun tidak sedikit yang menganggapnya berdampak buruk.
|
ARGUMEN MENDUKUNG
|
Dampak positif dari game bagi remaja adalah sebagai
berikut :
Pertama, game atau permainan virtual ini bisa dijadikan
sebagai sarana untuk menghibur diri dan mengistirahatkan pikiran dari
rutinitas-rutinitas yang dilakukan oleh para remaja setiap harinya.Kedua,
game juga bisa dijadikan sebagai suatu metode pembelajaran yang efektif, guna
mempercepat pemahaman para remaja dalam menyerap suatu ilmu atau informasi
baru.Ketiga, game dapat menjadi sebuah sumber penghasilan. Pasalnya sekarang
ini banyak remaja-remaja kita yang kreatif dalam membuat sebuah konten game
yang mana diminati oleh para pemainnya. Tentu hal ini cukup menguntungkan
bagi mereka.
|
ARGUMEN MENENTANG
|
Walaupun memiliki dampak positif, namun tidak sedikit
juga dampak negatif yang timbul akibat game yang dimainkan oleh para remaja.
Pertama, remaja menjadi malas untuk belajar dan lebih
senang menghabiskan waktunya untuk bermain game setiap saat.Kedua, remaja
akan mudah terpancing akan konten-konten yang ditampilkan dalam sebuah game.
Misalnya jika remaja tersebut sering memainkan game berbau fighting atau
pertempuran, maka ia menjadi terobsesi untuk melakukan hal tersebut didunia
nyata yang mana seharusnya tidak dilakukan.Ketiga, akan membuat remaja
menjadi boros uang. Tidak hanya waktu saja, melainkan juga uang, pasalnya
untuk beberapa game menyediakan fitur pembelian untuk suatu konten. Jika
remaja tersebut adalah seorang maniak game, maka tentunya harga berapapun
akan dibayar untuk bisa menikmati game tersebut.
|
SIMPULAN
|
Melihat dan membandingkan 2 hal diatas, game atau
permainan memiliki dampak positif dan dampak negatif yang mana keduanya
saling berhubungan. Kebijaksanaan remaja sendirilah yang bisa membuatnya
memilih dampak yang baik dari game untuk dirinya.
|
Ringkasan:
Pada zaman sekarang ini, kekuatan teknologi tidak bisa
dibendung. Salah satunya
adalah game atau permainan virtual. Game ini memiliki dampak positif &
negatif. Salah satu dampak positifnya adalah game atau permainan virtual ini
bisa dijadikan sebagai sarana untuk menghibur diri, game juga bisa dijadikan
sebagai suatu metode pembelajaran yang efektif & game dapat menjadi sebuah sumber penghasilan.Tetapi
game juga dapat menimbulkan dampak negatif yaitu remaja akan mudah terpancing
akan konten-konten yang ditampilkan dalam sebuah game, remaja menjadi malas
untuk belajar & akan membuat remaja menjadi boros uang. Melihat
perbandingan di atas menyimpulkan bahwa keduanya saling
berhubungan. Kebijaksanaan remaja sendirilah yang bisa
membuatnya memilih dampak yang baik dari game untuk dirinya.
Kalimat Tunggal:
-Kekuatan teknologi tidak bisa dibendung.
-Game adalah hal yang wajar.
-Game dapat menjadi sebuah sumber penghasilan.
-Akan membuat remaja menjadi boros uang.
Kalimat Majemuk:
-Banyak sekali hal-hal baru yang bisa kita jumpai pada
zaman yang maju ini, salah satunya adalah game atau permainan virtual.
-Sarana untuk menghibur diri dan mengistirahatkan pikiran.
- Mempercepat pemahaman para remaja dalam menyerap suatu
ilmu atau informasi baru.
- Remaja menjadi malas untuk belajar dan lebih senang
menghabiskan waktunya untuk bermain game setiap saat.
- Game atau permainan memiliki dampak positif dan dampak
negatif yang mana keduanya saling berhubungan.
IPS
,
MAKALAH
Konjungsi perlawanan,konjungsi leksikal, konjungsi gramatikal
BalasHapusKonjungsi perlawanan,konjungsi leksikal, konjungsi gramatikal
BalasHapus