Mata Pelajaran Sekolah Kamu

DAMPAK BERMAIN GAME BAGI REMAJA

DAMPAK BERMAIN GAME BAGI REMAJA


ISU
Pada zaman sekarang ini, kekuatan teknologi tidak bisa dibendung. Banyak sekali hal-hal baru yang bisa kita jumpai pada zaman yang maju ini, salah satunya adalah game atau permainan virtual. Pertanyaannya adalah adakah dampak buruk yang timbul akibat dari permainan game ini? Sebagian besar masyarakat menganggap bermain game adalah hal yang wajar, namun tidak sedikit yang menganggapnya berdampak buruk.
ARGUMEN MENDUKUNG
Dampak positif dari game bagi remaja adalah sebagai berikut :
Pertama, game atau permainan virtual ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk menghibur diri dan mengistirahatkan pikiran dari rutinitas-rutinitas yang dilakukan oleh para remaja setiap harinya.Kedua, game juga bisa dijadikan sebagai suatu metode pembelajaran yang efektif, guna mempercepat pemahaman para remaja dalam menyerap suatu ilmu atau informasi baru.Ketiga, game dapat menjadi sebuah sumber penghasilan. Pasalnya sekarang ini banyak remaja-remaja kita yang kreatif dalam membuat sebuah konten game yang mana diminati oleh para pemainnya. Tentu hal ini cukup menguntungkan bagi mereka.
ARGUMEN MENENTANG
Walaupun memiliki dampak positif, namun tidak sedikit juga dampak negatif yang timbul akibat game yang dimainkan oleh para remaja.

Pertama, remaja menjadi malas untuk belajar dan lebih senang menghabiskan waktunya untuk bermain game setiap saat.Kedua, remaja akan mudah terpancing akan konten-konten yang ditampilkan dalam sebuah game. Misalnya jika remaja tersebut sering memainkan game berbau fighting atau pertempuran, maka ia menjadi terobsesi untuk melakukan hal tersebut didunia nyata yang mana seharusnya tidak dilakukan.Ketiga, akan membuat remaja menjadi boros uang. Tidak hanya waktu saja, melainkan juga uang, pasalnya untuk beberapa game menyediakan fitur pembelian untuk suatu konten. Jika remaja tersebut adalah seorang maniak game, maka tentunya harga berapapun akan dibayar untuk bisa menikmati game tersebut.
SIMPULAN
Melihat dan membandingkan 2 hal diatas, game atau permainan memiliki dampak positif dan dampak negatif yang mana keduanya saling berhubungan. Kebijaksanaan remaja sendirilah yang bisa membuatnya memilih dampak yang baik dari game untuk dirinya.


Ringkasan:
Pada zaman sekarang ini, kekuatan teknologi tidak bisa dibendung. Salah  satunya adalah game atau permainan virtual. Game ini memiliki dampak positif & negatif. Salah satu dampak positifnya adalah game atau permainan virtual ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk menghibur diri, game juga bisa dijadikan sebagai suatu metode pembelajaran yang efektif &  game dapat menjadi sebuah sumber penghasilan.Tetapi game juga dapat menimbulkan dampak negatif yaitu remaja akan mudah terpancing akan konten-konten yang ditampilkan dalam sebuah game, remaja menjadi malas untuk belajar & akan membuat remaja menjadi boros uang. Melihat perbandingan di atas menyimpulkan bahwa keduanya saling

berhubungan. Kebijaksanaan remaja sendirilah yang bisa membuatnya memilih dampak yang baik dari game untuk dirinya.
Kalimat Tunggal:
-Kekuatan teknologi tidak bisa dibendung.
-Game adalah hal yang wajar.
-Game dapat menjadi sebuah sumber penghasilan.
-Akan membuat remaja menjadi boros uang.

Kalimat Majemuk:
-Banyak sekali hal-hal baru yang bisa kita jumpai pada zaman yang maju ini, salah satunya adalah game atau permainan virtual.
-Sarana untuk menghibur diri dan mengistirahatkan pikiran.
- Mempercepat pemahaman para remaja dalam menyerap suatu ilmu atau informasi baru.
- Remaja menjadi malas untuk belajar dan lebih senang menghabiskan waktunya untuk bermain game setiap saat.
- Game atau permainan memiliki dampak positif dan dampak negatif yang mana keduanya saling berhubungan.
,

2 komentar:

  1. Konjungsi perlawanan,konjungsi leksikal, konjungsi gramatikal

    BalasHapus
  2. Konjungsi perlawanan,konjungsi leksikal, konjungsi gramatikal

    BalasHapus