Mata Pelajaran Sekolah Kamu

JENIS-JENIS MESIN PENGGANDAAN DOKUMEN



1.      Mesin Stensil




Mesin stensil tidak lain adalah mesin penghasil dokumen terbentuk lembaran dalam jumlah banyak dengan menggunakan pembantu “kertas master” yang disebut dengan stensil sheet atau sit stensil. Bila dua warna atau lebih diperlukan pada salinan akhir, stensil yang terpisah harus dibuat dan penduplikasian yang terpisah harus dijalankan untuk setiap warna.

Duplikator stensil mampu menghasilkan salinan hingga 4000 lembar. Stensil dapat disimpan dan digunakan kembali bila ditangani dengan baik. Duplikator stensil kerap dibatasi untuk memproduksi salinan pada kertas isap yang agak tebal. Model kertas ini cocok untuk jenis laporan, spesifikasi, daftar harga, tetapi krang cocok untuk catalog dan formulir.



2.      Mesin Scanner



Mesin scanner adalah sejenis mesin pengganda yang dpat menyalin ulang kembali berbagai proses, kondisi, atau keadaan fisik melalui pembuatan master sheet dengan cara merekam. Mesin scanner ini seperti mesin fotocopy yang dapat menyalin, tetapi hasil kopinya bukan dibawah melainkan disamping dokumen aslinya.

3.      Mesin Spirit Duplicator (mesin Stensil Spritus)



Mesin stensil spiritus adalah jenis mesin pengganda proses langsung (direct proses) atau ada juga yang menyebutnya sebagai mesin pengganda cairan (liquide duplicator).


4.      Mesin fotokopi.



Mesin fotocopy merupakan suatu alat pengganda yang sangat praktis, karena siap setiap saat bisa diperlukan. Fotocopy ialah kegiatan penyalinan warkat dengan sistem pemotretan, melalui proses kimiawi atau dengan mempergunakan tenaga manusia. Suatu dokumen atau warkat dapat dengan mudah digandakan menjadi sejumlah yang diinginkan dalam waktu yang relatif singkat sesuai dengan kebutuhan tanpa merusak bahan aslinya.
Mesin fotokopi merupakan mesin cetak yang mempunyai kemampuan yang sangat menakjubkan, karena dalam mesin fotokopi ini terdapat sistem zoom, sistem reduction, sistem full size, dan sistem document feeder.