Mata Pelajaran Sekolah Kamu

Pengertian, Gaya dan Manfaat Renang


a. Pengertian Renang Menurut Para Ahli

            1. Menurut Muhajir (2004:166), renang merupakan olahraga yang menyehatkan karena melibatkan semua

otot tubuh.

            2. Menurut Budiningsih (2010:2), renang merupakan olahraga air yang dilakukan dengan menggerakkan

badan di air.

            3. Menurut Abdoelah (1981:270), renang merupakan olahraga yang dilakukan di air, baik itu air tawar maupun di air laut

            4. Menurut Erlangga (2010:75), renang merupakan olahraga menyenangkan dan bermanfaat bagi kekuatan otot, tubuh, jantung, paru-paru, dan membangkitkan rasa berani.

 

 

b. Gaya Berenang

1. Gaya Renang Bebas

Renang Gaya Bebas adalah teknik berenang yang menggunakan kebebasan tangan dan kaki untuk melakukan gerakan agar badan kita dapat meluncur dengan cepat. Meskipun disebut dengan gaya bebas, teknik renang gaya bebas ini juga mempunyai aturan.


Pada saat melakukan gaya ini posisi badan berada di atas permukaan, tangan mengayuh ke depan sedangkan kaki menendang atau melakukan gerakan seperti menggunting.

Untuk teknik pengambilan nafas adalah saat tangan diangkat ke atas untuk mengayuh kemudian kepala digelengkan ke samping kanan atau kiri setelah itu lakukan penarikan nafas bisa dengan mulut atau hidung.


1) Gaya Renang Dada

Gaya Renang dada adalah sebuah teknik renang yang mirip dengan katak saat berenang, sehingga gaya ini juga disebut dengan gaya katak. Untuk kecepatan gaya dada lebih rendah dibandingkan dengan gaya bebas, namun gaya ini cocok untuk orang yang ingin berenang secara santai. Teknik gaya dada ini berada di kekuatan tangan dan kaki untuk mendorong badan ke depan, pada gaya ini juga diperlukan kemampuan tangan untuk mendorong ke bawah saat kepala ke atas untuk melakukan pernapasan.

 

2) Gaya Renang Kupu-Kupu

Renang gaya kupu-kupu adalah teknik renang yang didapat dari pengembangan gaya dada, pada teknik dasar renang gaya kupu-kupu yang harus dimiliki adalah kekuatan lengan. Karena gaya kupu-kupu mempunyai pusat kekuatan pada lengan, untuk gerakannya dapat seperti lumba-lumba yang masuk ke dalam air kemudian keluar saat tangan didorong ke bawah. Sedangkan kaki lurus rapat ikut bergerak sesuai alur gerakan badan.

Gaya renang kupu-kupu ini juga disebut dengan gaya lumba-lumba, untuk kecepatannya memang lebih cepat daripada gaya bebas. Namun untuk melakukannya harus dengan tenaga yang lebih besar.


3) Gaya Renang Punggung

Gaya Renang Punggung adalah teknik renang dengan posisi badan telentang melihat ke atas, sedangkan punggung berada di permukaan air. Untuk gerakan kaki dan tangan sama seperti gaya bebas, namun arahnya berlawanan. Untuk teknik pengambilan nafas gaya punggung dapat dilakukan kapan saja, karena wajah berada di atas air dan menghadap ke atas.


c. Manfaat Renang

1. Melatih seluruh otot tubuh

2. Menenangkan pikiran dann mengurangi stres

3. Membantu pemulihan cedera

4. Menjaga kehamilan agar tetap sehat

5. Baik untuk penderita arthritis

6. Mengendalikan kadar gula darah

7. Menjaga keseimbangan kadar kolesterol

Tidak ada komentar:

Posting Komentar