Press release adalah tempat untuk memberikan info – info,
berita, ataupun kegiatan – kegiatan yang lainnya melalui siaran pers, media
rilis, pernyataan pers atau rilis video adalah komunikasi tertulis atau direkam
diarahkan pada anggota media berita untuk tujuan mengumumkan sesuatu
seolah-olah berita
Feature bukanlah press release yang panjang melainkan suatu
bentuk tulisan yang sangat berbeda dengan manfaat, nilai, dan karakteristik
tersendiri.Feature merupakan artikel tentang sebuah cerita yang menganalisis
berita, menghibur, atau menceritakan manusia, atau benda didalam dan diluar berita
Backgrounders (tulisan latar) merupakan tulisan yang
biasanya menyertai release. Backgrounders bersifat melengkapi informasi yang
tidak tersampaikan lewat press release karena keterbatasan ruang di media massa
dengan menulis backgrounders berarti public relations mempermudah pekerjaan
media
Factsheet atau lembar fakta merupakan gambaran umum dari
sebuah perusahaan, produk, jasa atau sesuatu permasalahan yang bisa disajikan
dalam bentuk dokumen, laporan atau outline dan biasa dibuat oleh seorang
praktisi humas. Lembar fakta ini meringkas poin-poin akan suatu peristiwa,
produk, jasa untuk membantu jurnalis mendapatkan gambaran mengenai suatu isu
dengan cepat
White Paper adalah sebuah dokumen yang berisi penjelasan
akan sebuah masalah yang ingin diselesaikan suatu projek, solusi akan masalah
tersebut, serta penjelasan detil project, pembuatannya, dan interaksinya dengan
pengguna
Brosur adalah buku yang diterbitkan secara tidak berkala
yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait
dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit. Halamannya sering
dijadikan satu, biasanya memiliki sampul, tetapi tidak menggunakan jilid keras
Web organisasi merupakan suatu bentuk pemanfaatan teknologi
internet oleh organisasi atau perusahaan untuk menyediakan informasi dan
berkomunikasi secara efisien.Web organisasi merupakan sebuah media interaktif
yang dapat menjangkau pembacanya dalam waktu yang singkat
newsletter merupakan alat komunikasi yang digunakan
seorang/sekelompok humas dalam memberikan informasi mengenai perusahaan, baik
menyangkut produk yang dihasilkan, orang yang terlibat, serta informasi lain
yang dapat membantu publiknya dalam berhubungan dengan urusan bisnisnya
Surat pembaca adalah surat yang ditulis oleh pembaca yang
kemudian dimuat dalam surat kabar/koran, tabloid, television, media internet
yang berisi tanggapan, kritikan, saran, keluhan, ajakan, imbauan, ucapan
teriamakasih, dan lain-lain
Advertorial adalah bentuk periklanan yang disajikan dengan
gaya bahasa jurnalistik. Advertorial berasal dari dua kata dalam bahasa Inggris
Advertising dan Editorial. Periklanan (advertising) adalah penyajian materi
secara persuasif kepada publik melalui media massa dengan tujuan untuk
mempromosikan barang atau jasa
pers conference adalah acara khusus yang dibuat sebagai
sarana untuk mengumumkan, menjelaskan, mempertahankan atau mempromosikan
kebijaksanaan dengan maksud untuk mengukuhkan pengertian dan penerimaan publik
pada pihak pemrakarsa acara
Laporan Tahunan adalah laporan yang menyeluruh mengenai
perkembangan dan pencapaian suatu perusahaan dalam satu tahun. Laporan Tahunan
berisikan tentang aktivitas pengembangan perusahaan dan kinerja perusahaan yang
disampaikan kepada seluruh pemangku kepentingan suatu perusahaan
Menulis Siaran Pers adalah naskah berita atau informasi yang
dibuat oleh praktisi humas (PR/Public Relations Officer) sebuah lembaga atau
organisasi untuk dipublikasikan di media massa. Isi siaran pers biasanya berupa
data atau informasi tentang sebuah kegiatan –pra ataupun pasca